Tips Menjaga Kebersihan Miss V saat Haid

Menstruasi merupakan hal yang setiap bulan terjadi pada perempuan setelah ia mengalami masa pubertas. Setiap bulannya akan ada 3 – 8 hari tubuh mengeluarkan darah melalui organ intim. Biasanya sebagian orang yang tengah dalam menstruasi akan mengalami kram perut, perubahan pada suasana hati, dan keadaan yang tidak membuat nyaman lainnya.

Tapi lain dari ketidaknyamanan tersebut, ada hal lain yang terkadang diabaikan saat sedang menstruasi. Yaitu kebersihan dari organ intim. Kita harus selalu menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah tips untuk menjaga organ intim saat sedang menstruasi.

Tips Menjaga organ intim

1.Rajin Dibersihkan

Pertama kamu harus rajin untuk membersihkan vagina. Sebenarnya ini wajib untuk dilakukan baik saat sedang menstruasi atau tidak. Setiap kali sehabis buang air kecil atau besar, bagian ini harus dibersihkan dengan benar. Mungkin bagi kamu yang sering membersihkannya ini sudah menjadi hal yang tidak perlu diberi tahu lagi, tapi ternyata banyak loh orang yang beranggapan kalau vagina memiliki mekanisme pembersihannya sendiri jadi tidak perlu untuk dibersihkan.

Saat sedang haid, akan ada banyak darah yang keluar dan sering mengering, hal ini tidaklah higenis. Cara membersihkan vagina hanya peru dengan menggunakan air saja, tidak perlu sampai menggunakan sabun atau produk keras untuk membersihkannya.

2.Ganti secara rutin Pembalut atau Tampon

Jangan gunakan pembalut lebih dari 6 jam, juga jangan gunakan tampon lebih dari 8 jam. Kalau lebih dari itu, dikhawatirkan akan ada resiko infeksi ruam yang akan mengintai. Pastinya hal ini tidaklah baik untuk kesehatan vagina.

3.Rajin Mandi

Biasanya banyak wanita yang malah malas mandi saat sedang mengalami haid, dikarenakan mood yang tidak baik dan kram perut yang menghambat aktivitas. Tapi meski terasa nyeri, bukan berarti sampai tidak mandi. Jangan sampai malas dan mengabaikan pentingnya dari membersihkan tubuh dari kuman dan kotoran. Hal ini bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih bersih.

4.Jangan Lupa Mencuci Tangan

Sebelum kamu mengganti produk menstruasi yang digunakan, pastikan mencuci tangan. Hal ini dikarenakan tangan yang sudah bersentuhan dengan banyak hal mungkin mengandung kuman dan juga bakteri yang mungkin bisa berpindah ke area intim dan menyebabkan masalah kesehatan timbul pada kamu.

5.Arah Membersihkan

Saat sedang membersihkan organ intim, mulai dari vagina lalu bergerak mundur. Hindarilah melakukannya dengan arah yang berlawanan, karena dikhawatirkan mikroorganisme yang ada di anus bisa berpindah ke vagina yang bisa menyebabkan infeksi.

6.Hindari penggunaan produk beraroma

Jangan gunakan produk yang memiliki aroma untuk membersihkan miss V kamu. Baik itu merupakan produk yang dimanfaatkan untuk memberihkan, atau itu merupakan produk menstruasi seperti pembalu, tampon, atau menstrual cup. Hal ini karena vagina menjadi lebih rentan terhadap infeksi selama haid. Jadi hindari apapun itu yang akan berdampak negatif kepada miss V kamu.

Itulah ulasan singkat mengenai cara untuk membersihkan dan merawat vagina saat sedang menstruasi. MEmang ketika menstruasi kita sulit untuk melakukan apapun karena kendala mood dan juga perut yang kerap kali mengganggu aktivitas.

Tapi meski demikian, kamu harus tetap merawat miss V aar tidak membuat kamu kesulitan nantinya saat terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang bingung bagaimana cara membersihkan miss v yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *