Tips Kesehatan Lansia

Setiap orang yang sudah memasuki masa lansianya ingin menikmati hari-hari senjanya dengan perasaan yang bahagia. Tetapi sayangnya cukup sulit untuk menjaga kesehatan ketika sudah berada pada kondisi lansia, karena tubuh tidak lagi memiliki imun yang baik.

Selain itu tubuh juga semakin mengalami banyak perubahan, seperti kulit mulai terasa kering dan berkeriput, bertumbuh uban, sampai perubahan di bagian organ dalam. Beberapa bagian dalam yang wajib menjadi perhatian adalah jantung sampai ke pembuluh darah.

Berikut ini kami memiliki beberapa tips untuk menjaga kesehatan lansia agar bisa diterapkan dalam menjaga kesehatannya.

Jaga Kesehatan Lansia

1.Jaga Pola Makan

Saat sudah memasuki usia lansia, lebih baik lebih diperhatikan lagi pola makannya. Lansia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan utuh dengan serat yang tinggi. Seperti misalnya sayuran atau gandum.

Hindarilah makanan-makanan yang siao saji, terlalu asin, manis, atau yang berlemak. Dengan demikian bisa membantu lansia menghindari penyakit jantung, parkison, alzheimer, dan juga kanker.

Selain itu, konsumsi biji-bijian dan susu rendah lemak juga dianjurkan untuk dikonsumsi.

2. Aktif Gerak

Biasanya para lansia lebih dianjurkan untuk beristirahat, namun bukan demikian membuatnya tidak melakukan aktivitas apapun. Setidaknya lakukanlah aktivitas fisik minimal 30 menit selama 1 hari. Bisa dibagi, 10 menit pagi dan 20 menit di sore hari.

Lakukanlah yang memiliki intensitas sedang, seperti berjalan, berolahraga ringan, atau aerobik yang bisa membantu melancarkan aliran darah  serta oksigen ke seluruh tubuh. Ini juga bisa membantu kontrol berat badan sampai jaga kesehatan tulang dan otot.

3. Banyak Beristirahat

Beda orang beda juga kebiasaan yang mereka lakukan, termasuk lansia. Ada lansia yang merasa tubuhnya masih sangat fit untuk melakukan banyak aktivitas, tetapi lebih baik sering-seringlah untuk beristirahat.

Terkadang ada juga lansia yang mengalami masalah susah tidur dan kerap kali terbangun pada malam hari. Padahal waktu tidur yang cukup bisa membantu sel-sel yang ada di dalam tubuh beregenerasi dan organ yang ada di dalam tubuh tetap berfungsi secara normal.

4.Gabung dengan Komunitas

Biasanya banyak lansia yang merasa sendiri, entah karena anaknya pergi bekerja atau memang ia tidak menemukan orang yang cocok dengan kesehariannya. Nah, untuk mencegah timbulnya depresi karena kurangnya rasa bahagia dan kesepian, lansia bisa mengikuti beberapa komunitas yang cocok dengan minatnya.

Menurut penelitian, para lansia yang mengikuti komunitas bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Selain itu bisa terhindar dari penyakit penuaan lain.

Banyak komunitas yang bisa diikuti, biasanya banyak lansia yang ikut komunitas rajut, taichi, atau komunitas umum lainnya yang bisa ditemukan. Di sini para lansia bisa menemukan ‘teman sepermainan’ mereka agar tidak merasakan kesepian.

5. Rutin Periksakan Kesehatan

Ini adalah salah satu faktor yang paling penting, di mana lansia wajib memeriksakan kesehatannya secara rutin agar bisa lebih awal dalam mencegah penyakit yang mungkin mengintai. Selain itu dengan pemeriksaan lebih awal ini bisa membantu dokter untuk memberikan penanganan tepat jika terjadi sesuatu.

Meski sudah lanjut usia, bukan berati harus pasrah dengan keadaan dan membiarkan beragam penyakit datang. Oleh karena itu kami sarankan untuk melakukan tips di atas agar para lansia bisa menikmati masa tua mereka dengan lebih bahagia serta jauh dari beragam macam penyakit.

Semoga informasi mengenai tips kesehatan untuk lansia ini bisa membantu dalam menemukan solusi kesehatan lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *