Tips Hindari Makan Malam

Ketika malam hari, kerap kali perut merasakan lapar dan ingin makan. Namun makan malam ketika hendak tidur bukanlah suatu pilihan yang tepat. Karena tubuh yang seharusnya beristirahat, malah dipaksa untuk mencerna makanan yang baru kamu makan.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan tubuh tidak hanya dilakukan dengan cara berolahraga, namun juga bisa dengan cara mengatur pola makan yang sehat. Selain itu makan di malam hari juga bisa membuat berat badan kita menjadi naik. Untuk menghentikannya, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Tips Hentikan Kebiasaan Makan Malam

1.Makan Cukup di Siang Hari

Untuk bisa menghindari lapar pada malam hari, pastikan ketika siang hari tubuh kita mendapatkan asupan yang cukup. Ini dilakukan untuk menghindari lapar pada malam hari. Selain itu jangan tahan lapar ketika siang hari, karena itu hanya akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk dan tidak ada gunanya. Lebih baik perbanyak makan di siang hari dari pada makan pada malam hari. Cobalah untuk konsumsi makanan yang sehat.

2. Sediakan Makanan Ringan Sehat

Kalau memang tidak bisa menahan diri untuk tidak makan di malam hari, coba untuk konsumsi makanan ringan yang sehat, seperti mengonsumsi buah atau sayur, atau bahkan camilan yang nol kalori. Ini setidaknya bisa menghindari kita dari mengonsumsi makanan berat atau bahkan Junk Food.

3. Minum Banyak Air

Segelas air putih atau air teh dapat membantu kita untuk merasakan kenyang ketika malam hari. Ini bisa berguna untuk membantu tubuh menahan keinginan untuk makan. Selain itu mengonsumsi air bisa membantu untuk hindari makanan yang berlebih ketika sedang makan. Jadi ini akan sangat membantu kita yang sedang dalam program penurunan berat badan atau ingin mengurangi porsi makan.

4.Mengurangi porsi makan

Jika sudah menahan namun perut tidak bisa menahannya, cobalah punuk makan namun dalam porsi yang kecil. Setidaknya dengan cara ini kita bisa dapat merasakan makanan tersebut. Karena biasanya orang lapar pada malam hari bukan hanya karena ia lapar, namun juga karena ia ingin merasakan makanan tersebut, jadi mengundang lapar. Disarankan untuk menggunakan piring yang kecil, ini akan membantu mensugesti tubuh kalau kita sudah makan dalam porsi yang banyak.

5. Alihkan Perhatian dengan Lakukan yang Lain

Untuk bisa menghilangkan pemikiran untuk makan di tengah malam, bisa dengan cara alihkan perhatian dengan lakukan hal yang lainnya. Jadi kita bisa melupakan keinginan untuk makan malam. Misalnya dengan cara chattingan dengan teman, memecahkan teka-teki pada sebuah game, baca artikel yang menarik, membaca buku, menulis sebuah cerita, dan kesibukan lainnya. Ini bisa membuat kita lupa dengan hasrat ingin makan, lalu jika sudah lelah nantinya tubuh akan memilih untuk tertidur saja.

6. Tidur Lebih Cepat

Terakhir cobalah untuk tidur lebih cepat. Karena jika semakin larut kita tertidur, potensi untuk merasakan lapar akan semakin besar. Sebabnya, lebih baik untuk tidak tidur larut malam. Dua sampai tiga jam setelah makan merupakan waktu yang tepat untuk tidur, karena tubuh menangkap kalau kita sudah merasakan kenyang. Ini juga bisa menghindari kita dari keinginan makan yang lain.

Kalau masih sering juga untuk makan malam, coba praktekkan beberapa cara di atas. Semoga tips ini bisa membantu untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *