Tanda Anda Memiliki Kadar Gula Tinggi!

Kadar gula tinggi, atau biasa disebut Hiperglikemia, merupakan kondisi yang sering kali terjadi pada penderita diabetes melitus. Mungkin sebagian penderitanya masih sebatas terdiagnosis pradiabetes. Meski tubuh fit dan tampak bugar, bukan berati kita tidak berkemungkinan untuk memiliki penyakit ini. Terlebih lagi, tidak semua orang yang memiliki kadar gula tinggi menunjukkan gejalanya dengan jelas.

Sebabnya, lebih baik kita mengetahui dengan jelas seperti apa ciri – ciri dari gula darah tinggi. Seperti yang diketahui, darah tidak hanya mengandung oksigen, tetapi juga glukosa yang merupakan gula sederhana. Ini terbentuk dari pemecahan karbohidrat di dalam makanan. Glukosa akan dialirkan di dalam darah untuk menuju pada setiap sel serta jaringan, digunakan sebagai sumber energi utama agar tubuh bisa berfungsi secara lebih baik.

Normalnya, manusia memiliki batasan gula kurang dari 100 mg./Cl, sedangkan setelah makan kurang dari 140 mg/Cl. Kadar gula dapat naik dan turun, itu semua tergantung pada konsesi dan waktu perubahan tubuh, atau pemicu lain. Umumnya fluktuasi gula di darah merupakan hal yang wajar kalau tidak berubah secara drastis.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui ciri – ciri serta gejala umum memiliki gejala gula darah tinggi, ini dia beberapa hal yang menjadi gejala umum darah tinggi.

Ciri – Ciri dan Gelaja Umum Gula Darah Tinggi

1.Selalu Merasa Haus

Pertama adalah Anda akan sering kali merasakan haus. Mungkin haus memang merupakan sensasi wajar saat tubuh sedang membutuhkan cairan. Namun, jika Anda mengalami cepat haus, maka itu bisa menjadi pertanda kalau Anda memiliki gula darah tinggi. Normalnya, kelebihan gula akan ikut terbuang dengan Turin, namun glukosa yang berlebihan di urin akan membuat cairan menjadi mengental. Sebabnya, otak akan mengirimkan sinyal haus sehingga Anda akan cepat minum.

2.Sering Buang Air Kecil

Karena minum lebih banyak, ini akan membuat Anda menjadi sering uang air kecil. Ini akan berdampak buruk, karena semakin banyak cairan yang Anda buang, semakin sering juga Anda akan merasa haus. Itu sebabnya jika Anda memiliki penyakit ini, Anda akan sering olak – balik toilet dan bisa mengganggu kegiatan Anda.

3.Merasa Lelah

Rasa lelah ini muncul karena tubuh merasa kurang energi, padahal sebenarnya tidak demikian. Gula merupakan sumber energi utama di tubuh. Kalau gula yang ada di tubuh tinggi, seharusnya energi yang ada di dalam tubuh menjadi banyak. Tetapi kenyataannya, tubuh tidak bisa mengolah gula darah karena fungsi hormon insulin terganggu. Ini membuat glukosa menumpuk dan gula di darah tidak dapat digunakan sebagai energi.

4.Selalu Lapar, Tetapi Berat Badan Berkurang

Karena tubuh tidak bisa mengolah energi dengan baik, maka sel – sel tubuh tidak mendapatkan makanan. Ini akan membuat otak mengirimkan sinyal lapar dan membuat Anda ingin makan. Tetapi karena glukosa tidak terpakai terbuang dengan urin, ini membuat otak merasa tubuh kekurangan energi. Sehingga sumber energi yang digunakan adalah lemak dan otot.

5.Mulut Kering

Mulut kering juga bisa menjadi pertanda gula darah tinggi, karena bisa menyebabkan kelenjar air liur terganggu dan tidak dapat menghasilkan liur secara normal. Kebutuhan air liur menjadi tidak tercukupi dan membuat kekeringan serta masalah pada mulut.

Sebelum Anda merasakan tanda – tanda di atas ini, sebaiknya Anda segera mengatur pola hidup menjadi lebih sehat. Sehingga ke depannya Anda tidak perlu untuk merasakan tanda – tanda di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *