Perawatan Mengatasi Kulit Kering

Semua orang dapat mengalami kulit kering, tidak peduli apa jenis kulitnya. Jika memiliki kondisi kulit n ini, khususnya kulit yang kering bersisik dan disertai rasa gatal, Anda pasti ingin menemukan solusi mudah untuk mengatasinya.

Berikut ini kami memiliki beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi kulit kering.

Tips Atasi Kulit Kering

1.Mandi atau Kompres Air Hangat

Dengan mandi air hangat, itu akan membantu untuk meningkatkan kelembapan untuk bisa menjaga tubuh tetap halus dan lembab. Selain itu cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengompres kulit kering dengan menggunakan air hangat dan gosok lembut untuk menganggat sisa kulit mati. Lakukan ini beberapa kali sehari. Setelah itu keringkan kulit dan oleskan pelembab pada kulit.

2.Gunakan Sabun yang Tepat

Banyak sabun pembersih wajah yang terlalu keras untuk kulit sensitif. Ini akan membuat kulit menjadi terasa kencang dan kering setelah membersihkan wajah. Coba pilih pembersih wajah yang tepat. Jangan pilih produk yang mengandung sodium lauryl sulfate yang bisa menguras kelembapan kulit. Sebaiknya pilihlah produk yang bebas dari pewangi dan pewarna, juga memiliki label moisturizing.

3.Keringkan Tubuh dengan Baik

Jangan berpikir jika meninggalkan wajah berair setelah mandi bisa meningkatkan kelembapan pada kulit, karena jika air sudah menguap dari tubuh, maka kulit bisa menjadi lebih kering. Pastikan kulit dikeringkan dengan baik setelah mandi. Lalu jangan keringkan kulit dengan handuk yang kasar, gunakankan kain yang lembut dan bersih. Ingat untuk selalu menepuk wajah dan jangan menggosoknya.

4.Oleskan Pelembab

Gunakan pelembab yang banyak setelah mandi untuk menjaga kelembapan kulit, setidaknya lakukan 2 kali sehari. Pilihlah pelembab yang ringan dan nonkomedogenik. Disarankan untuk menggunakan pelembab kulit yang mengandung asam laktat, ini bisa membantu untuk menanggalkan lapisan teratas kulit kering dan bersisik juga menembus lapisan sehat yang berada di bagian bawahnya.

5.Oles Potroleum Jelly

Potroleum Jelly bisa membantu kulit untuk mengunci kelembapan dan juga membantu untuk meringankan kekeringan yang berada pada kulit. Kalau tidak rajin untuk melembabkan kulit, nantinya kulit akan memproduksi banyak minyak agar bisa menjaga kulit agar tidak semakin kering. Potroleum Jelly akan menjadi humektan yang bisa menarik dan menyegel kelembapan yang ada di kulit. Meski tektur yang ada padanya kental dan lengket, tetapi molekul yang ada pada jeli ini terlalu besar untuk masuk dalam kulit.

Anda bisa juga menggunakan minyak organik, seperti misalnya minyak zaitun, minyak almond, dan minyak kelapa.

6.Berendam Susu

Susu bisa membantu kita mengatasi kulit kering. Cobalah untuk mengkompres area kulit yang kering dan bersisik dengan waslap yang sudah direndam dengan susu putih dingin. Setelah itu diamkan selama 10 menit dan usap kulit yang bersisik dengan gerakan memijat juga melingkar. Lemak dan juga asam laktat yang ada pada susu akan membersihkan wajah dan juga memberikan kelembapan yang lebih ekstra.

7. Oleskan Tabir Surya

Terakhir bisa coba oleskan tabir surya pada kulit. Ini dapat membantu mencegah kerusakan kulit saat cuaca sedang panas. Disarankan juga ketika sedang berada kondisi cuaca panas, pakailah pakaian yang berlengan panjang, tipis, namun longgar. Sedangkan ketika cuaca sedang dingin, pastikan gunakan pakaian yang berlapis dan menyerap keringat agar bisa mencegah kepanasan dan berkeringat berlebihan.

Semga informasi ini bisa membantu Anda dalam menangani kondisi kulit kering, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *