Obat Rumah Atasi Sengatan Lebah

Meski tampak sepele, ternyata sengatan lebah bisa menimbulkan hal yang mengancam jiwa, loh. Bahkan ada kematian yang disebabkan oleh racun yang ditinggalkan dari lebah jenis tertentu dan tidak dikeluarkan.

Tahapan reaksi pada tubuh bisa ditandai dengan timbul rasa gatal-gatal, kulit pucat, dan bahkan pembengkakan pada lidah dan tenggorokan. Jika sudah tahap yang parah, bisa terjadi kesulitan bernafas, mual, muntah, bahkan sampai kehilangan kesadaran.

Agar bisa menghindari kematian karena sengatan lebah, lakukan pertolongan pertama sesuai dengan prosedur yang baik dan benar. Pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencabut stingers yang kemungkinan masih tertinggal, lalu cuci bekasnya dengan sabun dan air.

Lalu, lakukan pengobatan dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah. Berikut ini adalah bahan-bahan yang bisa digunakan untuk obati bekas sengatan lebah.

Obat Rumahan Atasi Sengatan Lebah

1.Madu

Pertama, Anda bisa memanfaatkan madu untuk membantu proses penyembuhan luka, rasa sakit, dan gatal. Penggunaan madu untuk pengobatan bisa dikatakan mudah, oleskan sedikit madu pada daerah yang sakit, setelahnya balut luka dengan ikatan longgar dan biarkan hingga 1 jam.

2.Soda Kue

Campuran antara soda kue dan air bisa digunakan dalam membantu netralkan racun yang bisa menyebabkan terjadinya rasa sakit, gatal, sampai kepembengkakan. Oleskan soda kue dengan takaran yang cukup agar bisa menutupi daerah terkena sengatan. Setelahnya tutup olehsan soda kue dengan menggunakan perban. Lakukan sesuai dengan kebutuhan sampai lukanya membaik.

3.Cuka Apel

Selain menggunakan soda kue, coba gunakan cuka apel untuk netralkan racun lebah. Bisa dengan merendam atau kompres bagian tersengat tersebut selama setidaknya 15 menit untuk membantu mengeluarkan racun lebah.

4.Pasta Gigi

Banyak yang mengatakan kalau pasta gigi bisa digunakan untuk menetralkan racun lebah madu yang asam, caranya hanya dengan mengoleskan pasta gigi di bagian yang tersengat tersebut.

5.Lidah Buaya

Selain bahan dapur, ada juga tanaman yang bisa ditemukan di kebun rumah, seperti lidah buaya. Ini dipercaya dapat membuat kulit merasa tenang dan hilangkan rasa sakit. Kalau memiliki tanaman lidah buaya, gunakan sebagai obat alami dengan cara meremas atau keluarkan gelnya dan oleskan secara langsung pada bagian yang sakit.

6.Minyak Esensial Lavender

Minyak Esensial lavender memiliki kemampuan untuk anti-inflamasi yang bisa bantu ringankan pembengkakan karena gigitan serangga. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan campurkan minyak esensial lavender dengan minyak lain, seperti misalnya minyak kelapa atau zaitun, lalu olehkan di bagian yang tersengat.

7.Kompres dengan Es Batu

Letakkan kompres es pada area di mana Anda tersengat lebah. Rasa dingin dari es baru akan membuat sengatan tidak membengkak. Tempelkan es batu setidaknya selama 10 menit, kalau tersengat pada bagian kaki atau tangan, angkat kaki atau tangan ke bagian yang lebih tinggi, seperti misalnya letakkan lebih tinggi dari kursi yang sedang diduduki.

8.Minyak pohon teh

Gunakan minyak pohon teh untuk membantu Anda dalam . Ini merupakan minyak yang memiliki kandungan antiseptik alami dan kegunaannya adalah dapat meredakan nyeri karena sengatan lebah. Caranya hanya dengan cukup mencampurkan minyak tersebut dengan minyak lain, seperti minyak zaitun dan minyak kelapa, setelahnya oleskan di bagian yang terkena sengatan.

Nah, itulah beberapa obat rumahan yang bisa dimanfaatkan untuk membantu meredakan sakit karena tersengat lebah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *