Mommy, Perhatikan Yuk, Perawatan si Baby!

Hai New Mommy! Pada awal kehidupan sang baby, mungkin tidak banyak yang ia lakukan, seperti hanya makan, tidur, menangis, dan bahkan mengompol.  Tetapi secara bertahap baby akan bisa lebih responsif, ia pun akan mampu menggerakkan badannya lebih baik.

Sering kali merawat bayi di usia 1-3 bulan merupakan sebuah tantangan besar untuk para ibu. Berikut ini kami akan membantu Mommy untuk membantu ibu dalam merawat bayi, terutama untuk lebih baik dalam menangkap momen-momen awal kehidupan sang baby.

Yuk, simak artikel berikut ini!

Perawatan Baby

1.Pantau Perkembangannya

Bayi lebih mudah unutk kehilangan cairan tubuh, setidaknya hanya dalam waktu beberapa hari saja. Itu akan sangat mempengaruhi berat badan Baby, sebabnya kita harus sangat memperhatikan pertumbuhan sang Baby.

2. Tingkatkan Kebutuhan Makannya

Bayi dengan usia 2 bulan biasanya lebih menunjukkan keinginan makan yang tinggi dan semakin sering, ia akan menunjukkan hal tersebut dengan cara menangis.

Pastikan Mommy memahami betul apa yang sedang dibutuhkan Baby. Mengertilah jenis tangisan yang ia berikan, karena tidak semua tangisan yang ia lontarkan menandakan ia sedang lapar.

3. Pastikan Waktu Tidur Lama Untuk Bayi

Pada usianya yang kedua bulan, biasanya bayi memiliki periode tidur yang lama. Ia dapat tidur di mana saja dengan rentang tidur 1-3 jam setiap tidurnya.

Biasanya baby akan mulai mengantuk setelah ia makan, atau setidaknya setengah jam setelah ia makan. Setidaknya dalam 1 hari, bayi membutuhkan waktu tidur 9 – 12 jam. Jadi pastikan kalau Baby memiliki waktu tidur yang baik dan cukup ya Mommy.

4. Tenangkan Bayi Ketika Menangis

Baby ketika menangis pastinya ikut membuat Mommy merasa sedih, tetapi biasanya bayi yang menangis di usia tersebut sudah mulai paham, ia biasanya menangis karena lapar, mengantuk, atau mencari perhatian orang tua.

Sebabnya kita sebagai orang tua harus memahami apakah yang sedang ia butuhkan sampai tangisnya reda.

5. Dorong Perkembangannya

Ketika ia sudah memasuki usia 2 bulan, bayi akan mulai bisa melihat, menggenggam, juga melakukan hal-hal lainnya dengan baik.

Biasanya ia akan mengangkat kakinya lalu menggeggamnya, itu sudah menjadi sebuah kemajuan untuk Baby, loh Mom!

Selain itu pada masa tersebut ia juga mulai untuk lebih memperhatikan warna-warna, mendengarkan suara mainan, dan lainnya. Sebaiknya di masa tersebut, kita bantu perkembangannya dengan benda-benda mainan warna-wani yang bisa menarik dia.

6. Lakukan Interaksi

Meski ia belum bisa merespon dengan baik apa yang kita katakan, tetapi biasakanlah untuk ajak bicara bayi. Ucapkanlah kata-kata yang berirama agar bisa menarik perhatiannya, atau lihat respon apa yang ia berikan.

7. Lakukan Imunisasi Pada Baby

Tips terakhir dari kami dan tidak kalah pentingnya adalah pastikan bayi mendapatkan imunisasi dengan baik. Di usianya yang kedua bulan, bayi memerlukan vaksin yang benar juga pastinya sesuai untuk dirinya.

Selain itu untuk memastikan kesehatan Baby, kita harus memeriksakan kesehatannya secara rutin ke dokter. Jangan sampai kita terlewatkan mengenai kesehatan sang bayi.

Pastikan juga lingkungan yang ada di sekitar bayi aman untuknya, bersih, dan tidak berbahaya untuk dia beraktivitas di kasurnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk Mommy. Semoga dengan artikel ini Mommy bisa terbantu dalam merawat dan memperhatikan perkembangannya.

Jangan lupa untuk lihat artikel kami lainnya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *