Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah bagian tubuh yang paling penting untuk di jaga kesehatannya. Ada beberapa fungsi Ginjal, seperti mengatur jumlah cairan pada tubuh, menyaring sisa metabolisme dan racun dari darah, melepaskan hormon yang bisa mengatur tekanan pada darah, mengaktifkan vitamin D agar bisa menjaga kesehatan tulang, dan masih banyak fungsi lain yang dimiliki oleh Ginjal.

Karena ginjal sudah menjaga kesehatan kita dengan baik, kita juga harus bisa menjaga kesehatan ginjal. Karena jika terjadi gangguan pada ginjal, ada beberapa penyakit yang bisa kita rasakan, beberapa diantaranya ada diabetes melitus, tekanan darah tinggi, memiliki batu ginjal, mengalami obesitas, dan masih banyak penyakit lainnya yang bisa didapatkan karena terganggunya kesehatan ginjal.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal.

Tips Jaga Kesehatan Ginjal

1.Menjaga Asupan Cairan di Dalam Tubuh

Pertama adalah Anda harus bisa menjaga cairan yang ada di dalam tubuh Anda. Ini akan membantu ginjal agar dapat bekerja dengan baik. Kekurangan cairan tubuh bisa diketahui dengan cara melihat warna urin yang keluar dari tubuh kita, semakin gelap warnanya maka akan menandakan kalau tubuh kita tengah merasakan dehidrasi.

Saat tinggal pada tempat yang bermusim panas, maka Anda membutuhkan asupan air lebih banyak untuk menggantikan cairan yang keluar melalui keringat.

2.Konsumsi Makanan Sehat

Untuk menjaga kesehatan ginjal, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Ini juga bisa bermanfaat untuk diet seimbang bagi tubuh. Konsumsi buah, sayuran, dan biji-bijian juga penting. Hindari pula makanan yang mengandung banyak garam juga lemak.

3.Kurangi Konsumsi Garam

Makanan tanpa garam memang terasa hambar dan kurang sedap, namun ternyata baik untuk membatasi penggunaan garam. Setidaknya konsumsi garam 2.3 gram sehari saja, periksalah tabel komposisi makanan untuk melihat seberapa kadar garam yang terkandung pada makanan tersebut.

4.Kontrol Tekanan Darah

Periksalah tekanan darah Anda secara rutin setiap hari. Karena jika terjadi peningkatan tekanan darah yang tidak secara signifikan dapat menyebabkan timbulnya gejala yang spesifik, tapi bisa meningkatkan resiko masalah di ginjal dan jantung. Lakukanlah konsultasi pada dokter untuk melihat teanan darah yang menunjukkan peningkatan yang ada di atas normal.

5.Konsumsi Air Putih Rutin

Air putih wajib menjadi minuman prioritas saat sedang mengalami haus, karena banyak manfaat yang bisa didapatkan serta minuman ini tidak mengandung kalori. Kalau dibandingkan dengan minuman manis yang ada di dalam kemasa, tentu saja air putih lebih sehat.

6.Berhenti Merokok dan Berhenti Konsumsi Alkohol

Kedua kegiatan ini bisa mengakibatkan peningkatan tekanan darah. Karena umumnya, tekanan darah tinggi bisa mengakibatkan terjadinya gangguan pada ginjal.

7. Jaga Berat Tubuh

Berat badan yang lebih dari normal bisa membuat tekanan darah tinggi yang bisa berkibat buruk pada ginjal.

8. Melakukan Olah Raga

Minimal lakukan olah raga 30 menit setiap hari, ini akan memberikan dampak baik bukan hanya pada ginjal saja, tetapi juga pada kekuatan, stamina, dan energi. Mulai lakukan olahraga secara perlahan agar tubuh tidak kelelahan.

9. Hindari Stress Berlebihan

Percaya atau tidak, stress dapat memberikan banyak dampak buruk bagi tubuh. Cobalah batasi stress dalam diri Anda dengan meluangkan waktu lakukan hal yang Anda sukai.

10. Pemeriksaan Ginjal Rutin

Untuk semakin memastikan kesehatan ginjal Anda, lakukanlah pemeriksaan secara rutin agar tahu seperti apa kondisi ginjal Anda yang sebenarnya.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *