Mengobati Pembengkakan Amandel

Amandel adalah sebutan untuk orang awam dalam kasus membengkaknya atau membesarnya benjolan yang ada pada bagian kanan/ kiri bagian rongga mulut. Biasanya Amandel dapat menyebabkan anak – anak mengalami baruk-pilek, susah makan, dan juga mudah sakit. Itu sebabnya sebagai orang tua kita harus tahu bagaimana cara mengobati Amandel secara alami.

Pembengkakan ini sering terjadi karena adanya infeksi dari virus atau infeksi bakteri. Sebenarnya Amandel memiliki fungsi sebagai kekebalan tubuh yang menjaga kuman panthogen untuk masuk ke pencernaan. Itu merupakan sepasang kelenjar getah bening yang berada pada belakang tenggorokan.

Kalau anak sudah mulai rewel, biasanya orang tua akan kewalahan. Tapi sebenarnya amandel dapat disembuhkan dengan tanpa operasi selama daya tahan tubuh penderita dapat kuat. Perhatikan juga pola hidup, terutama di segi makanannya. Tindakan operasi merupakan langkah terakhir saat radang amandel sering kambuh atau bengkak amandel membuat jalan ke kerongkongan tertutup.

Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengobati amandel.

Cara Alami Obati Amandel di Rumah

1.Istirahat yang Cukup

Cara pertama yang dilakukan adalah dengan cukup beristirahat. Penderita Amandel haruslah banyak – banyak beristirahat. Karena dengan beristirahat, kita dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi virus atau pun bakteri. Jangan memaksakan diri melakukan aktivitas berat, sebaiknya tidur dengan cukup baik siang atau malam untuk kembali memulihkan tubuh.

2.Hindari Rokok

Jika Anda merupakan perokok aktif, ketika radang amandel sebaiknya kurangilah kebiasaan tersebut. Sedangkan jika Anda merupakan perokok pasif, maka hindari terkena paparan asap rokok atau zat lain yang bisa menambahkan iritasi di pernapasan.

3.Banyak Minum Air

Cara mengobati amandel dengan alami dapat dilakukan dengan memperbanyak asupan cairan untuk tubuh. Bisa dengan mengkonsumsi minuman hangat, kalsu, sup, dan juga teh hangat. Ketika sedang radang, sering – sering meminum air hangat. Selalu sediakan air minum dan juga botol besar yang dibawa ketika Anda menonton televisi atau sedang di tempat tidur.

4.Gunakan Humidifier

Udara yang kering di ruangan rumah bisa memperlambat proses kesembuhan dari radang tenggorokan dan memperparah iritasi. Cara untuk bisa mengobati amandel secara alami, cobalah gunakan gumidifier yang bisa membantu melembabkan ruangan. Ini juga bisa membantu ketidaknyamanan di bagian amandel, terutama pada malam hari.

5.Berkumur dengan Air Garam/ Cuka Apel

Selanjutnya Anda dapat berkumur dengan menggunakan air garam. Larutkanlah air garam dalam segelas air hangat, kemudian kumur dengan cara mengadahkan kepala beberapa saat dan keluarkan. Lakukanlah beberapa kali untuk bisa mengurangi sakit sementara di bagian amandel.

Sedangkan untuk cuka apel, bisa mencampurkan cuka apel dengan air. Lalu kumur secara perlahan dan kemudian telan perlahan. Jika kurang menyukai rasa kecut cuka apel, cobalah untuk menambahkan madu.

6.Konsumsi Jeruk Nipis

Jeruk Nipis/ Lemon dikenal sebagai buah yang memiliki antivirus, anti bakteri, dan juga anti inflamasi. Ini dapat dimanfaatkan sebagai pengobat amandel secara alami. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, itulah beberapa tips untuk menyembuhkan amandel yang membengkak. Jika semakin memburuk, segera periksakan ke dokter. Karena jika semakin lama dibiarkan, amandel akan semakin membengkak dan nanti akan menyebabkan kondisi yang semakin parah. Jadi cobalah periksakan diri ketika 1 – 2 hari amandel tidak kunjung mereda.

Semoga informasi mengenai cara alami menyembuhkan amandel ini dapat bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*