Manfaat Konsumsi Rebusan Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Bukan hanya bumbu dapur saja, tetapi Jahe juga menjadi tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional oleh sebagian orang. Banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan ketika menkonsumsi jahe secara rutin.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah jahe, mulai dari bumbu masakan, camouran makanan atau minuman, dan bisa juga hanya dengan merebus jahe. Lalu ada apa saja manfaat yang bisa dirasakan dengan mengkonsumsi jahe terutama meminum air rebusan jahe? Berikut ulasannya.

Air rebusan Jahe, Manfaatnya!

1.Menjaga Pencernaan

Pertama, mengkonsumsi jahe bisa membantu kamu menjaga kesehatan pencernaan. Jadi jika secara rutin mengkonsumsi jahe, akan menghindari kamu dari gangguang pencernaan. Seperti misalnya konstipasi atau mungkin sembelit.

2.Atasi Mual

Jika kamu tengah mengalami mual, air jahe bisa membantu untuk meredakannya. Biasanya bagi mereka yang baru saja mendapatkan tindakan operasi atau kemoterapi, mual akan menjadi hal lumrah yang terjadi. Untuk mengatasinya, konsumsilah air rebusan jahe.

3.Atasi Nyeri Sendi dan Otot

Jika rutin berolahraga, selain badan yang sehat, biasanya efek samping yang didapatkan adalah sendiri akan merasakan nyeri. Nah, konsumsilah rebusan jahe untuk menghilangkan rasa nyeri tersebut. Ini karena jahe memiliki kandungan anti peradangan, jadi tidak ada salahnya untuk rutin mengkonsumsi air rebusan jahe untuk menjaga kesehatan dengan lebih maksimal.

4.Menurunkan Kadar Kolestrol

Kini semakin banyak makanan mengandung kolestrol, jadi kita semakin sulit untuk menghindari makanan – makanan tersebut. Tapi jika dibiarkan, kandungan kolestrol di darah bisa meningkatkan resiko untuk mengalami gangguan jantung. Tapi jangan khawatir, karena masalah ini bisa diringankan dengan mengkonsumsi air rebusan jahe.

Jika dikonsumsi dengan rutin, pastinya bisa menurunkan kolestrol jahat yang berada di dalam darah. Bukan hanya itu saja, imbangi dengan lakukan gaya hidup sehat agar kolestrol semakin menjauhi hidup Anda.

5.Menjaga Kesehatan Mulut

Terdapat banyak kandungan yang ada di dalam jahe, termasuk salah satunya adalah antibakteri. Kandungan ini bisa membantu kita menjaga kesehatan di dalam mulut juga gigi. Senyawa aktif yang berada dalam jahe bisa menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan gigi.

Namun jika sudah mengalami gangguan di dalam mulut dan gigi, sebaiknya periksakan ke dokter. Tidak ada salahnya untuk mencoba memperiksakan kesehatan pada rumah sakit terdekat sehingga bisa dengan cepat ditangani jika mengalami masalah serius.

6.Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Jika dikonsumsi secara rutin, jahe bisa membant untuk mencegah perkembangan penyakit kanker di dalam tubuh. Terdapat beberapa jenis kanker yang bisa dicegah saat dengan rutin mengkonsumsi jahe, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker mulut, kanker usus, dan kanker hati.

7.Meningkatkan Fungsi Otak

Konsumsi jahe bisa mencegah gangguan yang akan berpengaruh pada otak. Kesehatan otak yang optimal akan sangat mempengaruhi fungsi otak pada kesehatan seseorang, khususnya bagi mereka yang memiliki usia lanjut.

8.Menurunkan Berat Badan

Jika ingin menurunkan berat badan, air rebusan jahe bisa membantu, loh. Air rebusan jahe dipercaya bisa membantu untuk merasakan kenyang lebih lama, jadi nafsu makan akan lebih bisa dikendalikan.

Bagaimana? Banyakkan manfaat yang bisa kita rasakan dari mengkonsumsi air rebusan jahe? Selain itu jangan lupa untuk rutin lakukan gaya hidup dan pola makan yang sehat sehingga bisa menjadi lebih optimal dan tubuh menjadi terjaga dengan baik kesehatannya.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*