Lakukan 7 Hal ini Saat Kepala Pusing

Kepala pusing adalah suatu hal yang sering membuat kegiatan banyak orang terganggu. Biasanya diawali dengan nyeri – nyeri kecil, dan sampai mengakibatkan sakit yang tidak tertahankan. Bahkan sakit kepala sering menjadi alasan orang – orang dewasa untuk pergi ke dokter. Mereka mengeluhkan sakit kepala ini karena sampai mengganggu aktivitas sehari – hari mereka.

Biasanya sakit kepala disebut pusing dan dapat membuat penderitanya merasa kepalanya berputar, hilang keseimbangan, hingga mengakibatkan mereka tidak nyaman. Meski pusing ini tidak selalu mengarah kepada kondisi yang serius, namun bukan berarti Anda boleh mengabaikan pusing. Berikut ini adalah pengobatan yang perlu untuk dilakukan jika terjadi pusing pada kepala Anda.

7 Tindakan saat Pusing yang Perlu Dilakukan

1.Duduk atau Berbaring

Jika kamu baru merasakan pusing, cobalah untuk berbaring atau duduk untuk beberapa saat. Lakukan setidaknya 1 – 2 menit. Hal ini biasanya dapat dengan cepat meredakan pusing. Tapi jika Anda memiliki Vertigo, cobalah cara ini disertai dengan memejamkan mata pada waktu bersamaan.

2.Batasi Makanan Tidak Sehat

Batasi mengkonsumsi makanan yang mengandung garam, juga hindari meminum minuman yang banyak mengandung kafein, alkohol, dan kandungan tak sehat lainnya saat Anda sering merasakan pusing. Selain itu disarankan untuk tidak merokok, hal ini karena zat – zat yang ada pada rokok dapat semakin memperburuk kondisi Anda saat ini.

3.Istirahat yang Cukup

Kalau Anda mengalami pusing secara sering, mungkin hal itu bisa disebabkan oleh Anda yang kurang beristirahat. Beristirahatlah sejenak dari kegiatan Anda. Cara ini bisa membantu Anda memulihkan keadaan dan meredakan pusing yang sedang dialami. Upayakan untuk dapat tidur minimal 6 – 8 jam tidur dalam satu hari. Juga gunakan waktu istirahat dengan baik, jadi setelah beristirahat Anda dapat kembali melakukan aktivitas setelahnya.

4.Jangan Kendarai Kendaraan

Janganlah Anda mengendarai kendaraan bermotor saat dalam kondisi pusing, karena dikhawatirkan membahayakan baik diri Anda sendiri ataupun orang lain. Sebaiknya jika Anda sedang pusing ketika kondisi sedang menyetir, menepilah sejenak dan tunggu hingga rasa pusing tersebut hilang.

5.Jaga keseimbangan

Biasanya saat Anda pusing, keadaan akan membuat Anda merasakan kehilangan keseimbangan. Anda harus menghindari bergerak dengan tiba – tiba dan berpegangan pada sesuatu  yang ada di sekita Anda agar tidak terjatuh. Cari tempat yang pas untuk duduk dan tunggu hingga rasa pusing tersebut mereda.

6.Hentikan atau Ganti Obat

Rasa pusing atau sakit kepala dapat juga dikarenakan akibat penggunaan obat yang sedang Anda konsumsi. Kalau hal ini terjadi, Anda dapat mengkonsultasikannya kepada dokter Anda dan meminta saran dengan apa yang harus dilakukan karenanya. Coba juga tanyakan beberapa hal, seperti apakah bisa dosisnya diturunkan, juga dapat memilih untuk menghentikan penggunaan dari obat tersebut.

Kesimpulan yang dapat diambil dari ini adalah jangan pernah Anda menganggap sakit kepala atau pusing merupakan sakit yang biasa, apalagi jika Anda sering mengalaminya. Jika sudah merasakan pusing yang sampai menyebabkan mual dan muntah, segeralah periksa keadaan Anda atau setidaknya hubungi dokter. Dokter lebih mengetahui tentang penanganan apa yang sesuai dengan apa yang sedang Anda alami. Ia juga akan memberi tahu Anda tentang penyebab dan cara untuk bisa mengatasi sakit yang sedang Anda rasakan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam meredakan pusing yang sedang di derita, beristirahatlah dengan cukup dan semoga Anda selalu sehat!

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*