Jaga Kesehatan Mentalmu, yuk!

Meski sudah mencoba menjaga kesehatan jasmani dengan sebaik mungkin, ternyata nyatanya masih banyak orang yang kurang merasakan kesehatan pada rohaninya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jasmani, tetapi tidak semua orang memiliki cara yang sama untuk menjaga kesehatan mental mereka.

Tetapi untuk bisa menjaganya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjaga kesehatan mental bagi kamu yang mudah mengalami stess atau gangguan kecemasan.

Tips Untuk Kamu Jaga Kesehatan Mental

1.Katakan Hal yang Positif

Kerap kali orang merasakan Down karena terlalu banyak mendapatkan hal negatif, baik dari diri sendiri atau dari orang lain. Ternyata ini sangat berdampak bagi kejiwaan kita, dan tentunya ini bukanlah merupakan hal yang baik untuk terjadi. Sebab itu janganlah pandang diri kita dari sisi negatifnya, biasakan diri untuk bisa membangun positivitas dalam diri. Hal ini bisa membantu kita menjadi pribadi yang lebih optimis.

2. Fokus Melakukan Satu Hal dalam Satu Waktu

Ternyata dengan berfokus pada hal yang ingin kita lakukan itu bisa membantu kita dalam mengusir emosi negatif, loh. Kita bisa mulai dari hal-hal sederhana, seperti mandi, makan, atau pulang. Beri perhatian lebih untuk hal-hal tertentu, seperti suara, bau, dan lainnya yang bisa membuat kamu menjadi lebih terfokus. Biasanya jika kamu terlalu banyak pikiran, itu bisa membuat kamu menjadi overthinking dan berakibat buruk nantinya.

3. Olahraga

Olahraga bukan hanya akan memberikan efek yang baik untuk tubuh kita, tetapi ia juga akan memberikan efek yang baik untuk rohani kita. Di mana ketika melakukan olah raga tubuh akan melepaskan endorfin, inilah yang nantinya bisa membuat kita menyingkirkan stres serta meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Kalau tidak sempat melakukan olahraga, bisa melakukan hal-hal kecil, seperti misalnya menaiki anak tangga, jalan kaki, dan hal lain yang bisa membuat tubuh lebih aktif bergerak.

4. Makan Makanan Enak

Biasanya para anak kos setiap harinya hanya makan makanan yang menurut mereka yang penting bisa dimakan, sekali-kali tidak ada salahnya untuk memanjakan tubuh dengan memberikannya makanan enak. Tetapi makanan enak di sini tetap dalam konotasi ‘Sehat’. Semua makanan sehat dan enak dapat membantu tubuh mengembalikan suasana hati dan integritas struktural di otak.

5. Lebih Terbuka

Memang jika memiliki masalah tidak mudah untuk meluapkannya pada orang lain, tetapi ternyata jika sudah membicarakannya pada orang yang tepat itu bisa menjadi hal yang melegakan serta membuat kita menjadi kurang terbebani. Selain itu dengan cara ini akan sangat membantu untuk bisa berpikir positif serta semakin mengenal diri kita sendiri.

6. Tidur Tepat Waktu

Banyak orang yang mengatakan mereka bergadang karena sulit untuk tidur atau bahkan memang lebih suka tidur larut malam untuk melakukan suatu hal. Sebaiknya kurangi kebiasaan buruk ini dan cobalah untuk tidur dengan tepat waktu. Karena kurang tidur bisa memberikan efek yang sangat negatif bagi tubuh serta merusak suasana hati. Bayangkan kamu bangun pagi dalam keadaan tidur nyenyak dan terbangun dengan keadaan yang senang karena waktu yang pas.

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental. Cara-cara sederhana ini ternyata bisa membantu kita dalam menjaga diri kita dan orang lain. Terapkan setiap hari dan dengan demikian kita bisa mendapatkan manfaatnya untuk jangka yang panjang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *