Jaga Kesehatan Kulit Dengan 7 Kunci Penting ini

Kulit merupakan bagian tubuh yang menjaga kita, hal itu membuat bagian ini rentan untuk terkena kotoran, bakteri, dan mikroorganisme lainnya yang bisa datang dari mana saja. Sebabnya, kita wajib menjaga kesehatan kulit dan jangan sampai mengabaikan gangguan kesehatan yang nantinya berakibat serius. Kesehatan kulit yang terganggu juga dapat mengakibatkan masalah lain, seperti kurangnya percaya diri.

Semua orang pasti ingin memiliki kulit yang sehat. Selain itu mereka juga menginginkan kulit yang lembut juga lembab agar nyaman saat sedang beraktivitas. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjaga kesehatan kulit dengan baik.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

1.Hindari Merokok

Bukan hanya dapat merusak paru – paru dan organ dalam lainnya, merokok juga dapat merusak kulit kamu. Merokok dapat mengakibatkan kulit kamu menjadi lebih cepat menua dan memecahkan kolagen yang bisa mengurangi elastisitar kulit serta merusak kulit dikarenakan racun yang ada di tembakau. Jadi jika kamu ingin memiliki kulit yang kencang dan sehat, pastikan hindari rokok.

2.Hindari Konsumsi Alkohol

Sama halnya dengan rokok, meminum alkohol juga dapat merusak kulit kamu, bukan hanya hati saja. Mengkonsumsi alkohol dapat membuat tubuh juga kulit menjadi terdehidrasi dan membuat kulit menjadi lenih tampak lelah dan tua. Selain itu alkohol yang sampai merusak organ hati, dapat membuat racun menyebar ke seluruh tubuh dan tidak terbuang dengan baik. Hal inilah yang dapat terlihat dari kulit, seperti adanya jerawat, kusam, dan kulit kurang sehat.

Alkohol juga dapat melebarkan pembuluh darah dan membuatnya menjadi lebih mudah terlihat di daerah sekitar mata dan membuat kulit menjadi lebih membengkak di daerah yang ada di kelopak mata.

3.Tidur yang Cukup

Selain knsumsi yang masuk ke dalam tubuh, pola tidur juga mempengaruhi kesehatan kulit. Seperti misalnya kurangnya tidur, hal itu dapat membuat kulit menjadi tampak lelah, kusam, dan bisa menjaid tampak lebih tua. Apa lagi jika kamu sering kurang tidur, pasti dapat membuat kantung mata menghitam.

4.Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Pastikan kulit kamu mendapatkan nutrisi yang baik dari makanan yang sehat dan bergizi. Mereka akan membantu kamu dalam menjaga kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan dengan study yang ada kalau makanan sehat dan bergizi dapat membuat kulit menjadi lebih tampak sehat dan muda.

5.Jangan Banyak Pikiran

Stress dapat membuat kamu menstimulasi kelenjar adrenal untuk bisa menghasilkan kortisol, yaitu hormon utama saat sedang mengalami yang namanya stress. Ini teribat dalam produksi lemak berminyak yang ada di kelenjar sebaceous. Jumlah lemak berminyak yang terlalu banyak ini dapat membuat pori – pori menjadi tertutup dan menjebak bakteri penyebab jerawat ada di dalamnya.

6.Lindungi Kulit dari Matahari

Kulit juga harus dilindungi dari paparan sinar matahari, apa lagi saat matahari sedang berada pada intenstas tertingginya, yaitu pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Tapi kalau kamu tetap diwajikan untuk beraktivitas di waktu tersebut, dianjutkan untuk menggunakan pakaian dengan lengan panjang, atau juga gunkan topi. Kamu juga dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF yang bisa digunakan 20 menit sebelum beraktivitas di luar.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk dapat menjaga kesehatan kulit. Pastikan juga kamu selalu membersihkan kulit dengan baik agar virus dan bakteri yang ada enggan untuk hinggap di tubuh kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *