Hidup Sehat, Hindari Penyakit Jantung

Menurut data di tahun 2018, ada sebesar 1,5% penduduk Indonesia menderita penyakit jantung. Jika kita mungdur pada tahun 2001, ada 26,3% kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut dan sudah dikategorikan sebagai penyebab kematian yang paling utama.

Penyakit jantung bukan hanya menyerang orang yang sudah berusia lanjut, banyak juga penyakit jantung yang ditemui pada orang yang masih diusia produktifnya. Hal ini biasanya dipicu oleh gaya hidup yang kurang sehat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari untuk bisa menjaga kesehatan jantung.

Cara Jaga Kesehatan Jantung

1.Minum Banyak Air Mineral

Yang pertama dan umum dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan banyak meminum air mineral. Kalau tubuh mengalami kekurangan cairan, hal ini dapat meningkatkan resiko pengentalan darah dan memiliki potensi terjadinya sumbatan di pembuluh darah. Kalau pembulu darah sudah tersumbat, serangan jantung dan stroke akan mengancam.

Kebutuhan cairan di dalam tubuh juga dipengaruhi oleh usia, aktivitas, kondisi lingkungan, dan juga pakaian yang biasa dikenakan. Bahkan penyakit yang dimiliki juga mempengaruhi, loh!

2.Berhenti Merokok

Merokok memang merupakan sebuah kebiasaan buruk yang bisa menimbulkan beragam gangguan kesehatan. Salah satu dampak yang disebabkan oleh rokok adalah meningkatkan tekanan darah dan juga merusak pembuluh darah. Bukan hanya perokok aktif, hal ini juga bisa terjadi pada mereka yang merupakan perokok pasif.

Bahan kimia yang ada di tembakau bisa merusak jantung dan juga pembuluh darah. Lalu menyebabkan penyempitan arteri yang berakibat penumpukan plak yang menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu karbonmonoksida yang terdapat pada asap rokok menggantikan sebagian oksigen yang terdapat di darah yang meningkatkan tekanan daran dan detak jantung. Ini memaksa jantung untuk bekerja lebih keras demi bisa memasok kebutuhan oksigen.

3.Kurangi Garam dan Lemak

Garam dan lemak memang merupakan hal yang mungkin sulit untuk bisa dihindari dari makanan kita sehari – hari. Namun kelebihan garam dan lemak tidaklah baik untuk tubuh. Kandungan garam yang tinggi bisa membuat tekanan daran tinggi pada seseorang. Ini akan berpengaruh kepada kinerja jantung.

Jumlah lemak yang ada dalam tubuh haruslah dikontrol, karena kelebihan lemak bisa menghambat peredaran darah dan mengakibatkan terganggunya kesehatan pada jantung.

4.Hindari makanan cepat saji dan minuman bersoda

Makanan cepat saji sering dijadikan pilihan untuk mereka yang enggan menunggu lama. Tapi ternyata ini berbahaya bagi tubuh, karena banyak mengandung garam, bahan pengawet, gula, bahan perasa, dan juga lemak jenuh.

Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang bisa membuat seseorang yang sering mengkonsumsinya terserang penyakit jantung koroner. Kandungan gulanya juga berpotensi untuk menimbulkan obesitas dikemudian hari, penyakit metabolisme seperti diabetes dan darah tinggi.

5.Jangan Banyak Pikiran

Stress memang merupakan hal yang wajar untuk bisa dialami seseorang, tapi jangan sampai hal itu merusak kesehatan kita. Saat tubuh sedang ada di bawah tekanan, tubuh akan memproduksi adrenalin yang bisa menimbulkan tekanan darah menjadi tinggi.

Jika sudah kronis, hal ini akan menumbulkan penyakit jantung yang dipicu stress. Jadi kamu harus bisa dengan baik mengelola pikiran dan emosi. Bisa dengan melakukan yoga, meditasi, atau melakukan kegiatan yang bisa melepas stress lainnya.

6. Rutin Berolahraga

Saran kami yang terakhir adalah rutinlah berolahraga. Olahraga bisa membantu meningkatkan kebugaran dan menurunkan kolestrol, hal ini bisa membuat kamu menjaga berat badan tetap ideal. Kami sarankan untuk setidaknya melakukan olahraga 30 menit 1 hari.

Olahraga yang bisa dilakukan diantaranya seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, dan banyak jenis olahraga lainnya yang bisa dicoba untuk dilakukan.

Bagaimana? Sudah siap hidup sehat?

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*