Gejala Stroke yang Perlu Diketahui

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya penyakit Stroke? Penyakit ini biasa terjadi pada orang – ornag yang sudah lansia. Namun akhir – akhir ini sering ditemukan orang yang masih pada usia produktifnya sudah harus mengalami kondisi ini. Stroke pada usia muda bisa mengakibatkan kondisi yang serius, loh!

Bahkan penyakit ini memiliki julukan sebagai Silent Killer, karena penyakit berbahaya ini dapat membunuh secara diam – diam yang dikarenakan kelumpuhan otak. Bisa juga stroke pada usia muda mengakibatkan kecacatan untuk para pengidapnya.

Ada juga hal yang tidak boleh diabaikan, yaitu adanya Transient Ischaemic Attack, atau stroke ringan. Meski dinamanya ringan, tapi ini tidak boleh disepelekan karena bisa menimbulkan dampak yang serius nantinya.

Kebanyakan gejala ini terjadi secara tiba – tiba dan dapat dikatakan hampir serupa dengan stroke. Hanya saja gejala ini hanya berlangsung selama beberapa menit dan hilang dalam hitungan jam.

Gejala Stroke Ringan Menurut Para Ahli

1.Perubahan pada indra

Akan ada perubahan pada indra tertentu, seperti pada penglihatan, pendengaran, rasa, dan juga pada sentuhan.

2.Perubahan Kewaspadaan

Perubahan kewaspadaan ini termasuk pada kantuk dan juga keadaan tidak sadar.

3.Perubahan Mental

Yang terjadi saat penderita mengalami kebingungan, hilang ingatan, sulit untuk menulis, kesulitan dalam membaca, berkurangnya kemampuan untuk berbicara dan juga memahami orang lain.

4.Permasalahan Pada Otot

Contoh yang biasa terjadi adalah melemahnya otot, kesulitan untuk menelan makanan, dan juga kesulitan dalam berjalan.

5.Kepala Pusing

Keadaan kepala pusing dan sampai kehilangan keseimbangan serta koordinasi.

6.Tidak dapat mengontrol kandung kemih atau usus

7. Masalah Pada Saraf

Keadaan ini ditandai dengan mati rasa atau kesemutan di satu sisi.

Jika sudah mengalami gejala – gejala yang ada di atas, segeralah untuk menemui dokter dan katakan gejala yang sudah dialami. Selain itu tanyakan langsung pada dokter mengenai gangguan – gangguan tersebut.

Selain beberapa gejala yang sudah disebutkan di atas tadi, terdapat juga beberapa gejala lain yang dapat memicu terjadinya stroke.

1.Peningkatan tekanan darah yang mendadak

2.Kelelahan secara tiba – tiba

3.Salah satu sisi pada bagian mulut atau wajah tampak turun

4.Kesemutan pada bagian tubuh

5.Lengan, kaki, atau bagian lainnya kesulitan untuk bisa diangkat

6.Cara berbicara menjadi kacau dan tidak jelas

7.Terjadi pandangan ganda atau Diplopia

8.Pandangan kabur bahkan sampai terjadi kebutaan

Pada umunya ada 70% gejala stroke ringan yang bisa hilang kurang dari 10 menit, ada juga yang hilang kurang dari 4 jam.

Lalu apa penyebabnya?

Stroke bisa terjadi karena gumpalan kecil yang tersangkut pada otak yang bisa berupa gelembung udara atau bahkan lemak. Penyumbatan ini akan menghambat aliran darah, kurang nutrisi, dan oksigen pada otak. Kondisi ini dapat menyebabkan kondisi otak menjadi terganggu.

Meski Stroke ringan tidak terjadi secara permanen, namun kondisi ini dapat dijadikan peringatan. Karena pengidap Stroke ringan memiliki resiko yang sangat tinggi untuk dapat mengalami Stroke pada kemudian hari.

Jadi segeralah temui dokter jika sudah mengalami beberapa gejala – gejala yang tadi kamisebutkan di atas. Tujuannya adalah agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat dan juga bisa untuk mencegah komplikasi yang dapat terjadi karena gejala tersebut.

Cobalah untuk tidak merokok, lakukan diet sehat dengan gizi yang seimbang, dan lakukan hidup sehat agar bisa terhindar dari penyakit – penyakit yang dapat mengganggu hidup kita.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*