Cara Merawat Telinga dengan Baik

Kita memiliki 5 panca indera yang harus bisa dijaga dengan baik, termasuk telinga kita. Dengan telinga kita bisa mendengar berbagai hal, itulah kenapa merawat telinga merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Kalau pendengaran terganggu, itu bisa jadi karena perawatan telinga yang kurang baik. Oleh karena itu diperlukan untuk bisa merawat telinga agar bisa terjaga pendengaran kita.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga pendengaran, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan.

Tips Rawat Telinga

1.Terlalu Bising? Gunakan Pelindung Telinga!

Bagi masyarakat kota, sepertinya kebisingan bukan lagi hal yang mengganggu. Tapi ternyata jika semakin lama dibiarkan, telinga kita bisa rusak karenanya. Kebisingan seperti suara pabrik, suara mesin, musik terlalu keras, bisa membuat telinga kita berisiko terjadi kerusakan.

Oleh karena itu jika sedang berada di tempat yang bising tidak ada salahnya untuk menggunakan pelindung telinga. Gunakanlah yang memang memenuhi standar kesehatan.

2. Jangan Gunakan Earphone/Headset terlalu keras

Banyak orang yang tidak ingin mengganggu orang lain ketika hendak mendengarkan musik, sebabnya mereka memilih menggunakan earphone. Tetapi banyak orang yang menggunakan Earphone dengan volume yang terlalu keras. Hal ini tentunya bukan hal yang baik, karena suara langsung masuk ke gendang telinga.

Setidaknya atur volume sebesar 60% dan tidak lebih dari 1 jam selama 1 hari. Atau mungkin bisa diakali dengan menggunakan earphone yang diluar telinga.

3. Istirahatkan Telinga

Setelah berada di tempat dengan suara keras, seperti misalnya konser musik, pulihkanlah telinga. Cara untuk melakukannya bisa dengan cara mengecilkan volume ketika sedang berbicara, hindari mendengarkan musik, sampai menggunakan volume yang rendah ketika sedang mendengarkan TV.

4. Jangan Gunakan Cotton Buds!

Bagaimana cara kamu membersihkan telinga? Dengan menggunakan Cotton Buds? Lebih baik hentikan kebiasaan ini. Karena dengan Cotton buds bisa mengakibatkan rusaknya organ bagian dalam telinga yang sensitif, seperti misalnya gendang telinga. Ini bisa membuat telinga mengalami infeksi. Jadi kalau ingin membersihkan telinga, lebih baik menggunakan cairan tetes atau biarkan kotoran sampai keluar dengan sendirinya.

5. Jaga Telinga Tetap Kering

Biasanya setelah kita mandi atau berenang, keadaan telinga menjadi basah. Jangan biarkan terlalu lama, keringkan telinga dengan menggunakan handuk yang lembut. Karena kelembaban yang berlebihan bisa membuat telinga lebih mudah kemasukan bakteri atau bahkan terinfeksi.

Sedangkan jika merasa di dalam telinga ada airnya, miringkan kepala ke samping, lalu tarik cuping telinga untuk mengeluarkan air yang sulit dikeluarkan.

6. Berolahraga

Apa hubungannya olahraga dengan telinga? Tentu ada. Karena dengan berolah raga bisa membantu pompaan darah ke seluruh tubuh dan termasuk pada telinga. Ini akan membuat bagian dalam telinga menjadi bekerja lebih baik.

Tapi jika melakukan olahraga di tempat seperti Gym yang biasanya memasang musik keras-keras, ada baiknya untuk menggunakan pelindung telinga.

7. Lakukan Pemeriksaan

Tips terakhir dari kami adalah sesering mungkin untuk lakukan pemeriksaan ke THT, karena dengan demikian kita menjadi lebih tahu mengenai kondisi dari telinga kita sendiri. Dokter pun bisa juga memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai untuk kita, sehingga kita bisa lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat telinga kita agar tetap terjaga kesehatannya. Jangan sampai menyesal ketika telinga sudah mulai mengalami gangguan, sebaiknya mulai rawat dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *