Cara Merawat Kesehatan Mata

Dewasa ini, semakin banyak orang yang mengabaikan kesehatan mata. Padahal mata merupakan salah satu indra terpenting yang kita miliki. Tanpa ada mata, kita tidak dapat melihat keindahan dari dunia dan wajah kerabat kita. Kini semakin banyak orang yang bermain gadget tanpa mengenal waktu, memandang layar komputer atau televisi terus menerus, dan banyak lainnya.

Kegiatan – kegiatan tersebut sayangnya tidak dibarengi dengan perawatan mata yang memadai. Bahkan untuk mengkonsumsi sayur atau buah saja sulit rasanya. Lalu bagaimanakah cara untuk merawat mata dengan cara yang baik? Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat mata.

Tips Perawatan Mata

1.Makan Banyak Buah & Sayur

Ini sudah menjadi hal yang umum diketahui oleh banyak orang mengenai manfaat buah dan sayur dalam membantu merawat mata. Salah satu sayur yang menjadi andalan karena kandungan vitamin A-nya adalah wortel. Di dalam wortel terdapat beta karoten yang merupakan antioksidan, ini dapat membantu kita mengurangi resiko degenerasi makula.

2.Hindari Penggunaan Lens

Terkadang orang – orang terlalu malas untuk mengenakan kaca mata dan akhirnya memilih menggunakan lensa kontak. Tetapi karena aktivitas yang dilakukan sehari – hari, terkadang orang lupa kalau penggunaan lensa kontak seharian bukan merupakan pilihan yang bagus untuk dilakukan. Bahkan dengan menggunakan lensa kontak dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan mata permanen dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata.

3.Kurangi Penggunaan Tetes Mata

Penggunaan tetes mata kerap kali dilakukan dengan alasan menjaga kelembapan mata. Ternyata ini bukan cara yang bagus, malah akan merusak kesehatan mata. Jika digunakan untuk mengatasi mata yang merah, itu masih boleh dilakukan. Jadi kurangi penggunaan obat tetes mata, ya!

4.Gunakan Mentimun

Mentimun merupakan buah yang baik untuk membantu Anda mengompres mata. Letakkan irisan mentimun dingin dan lembut di atas kelopak mata selama sekitar 10 menit sebelum waktunya tidur di malam hari. Ini dilakukan untuk mencegah terjadi pembengkakan pada area tersebut.

5.Pakai Kacamata Hitam Pelindung UV

Lensa yang digunakan bukan sekedar lensa gelap, tetapi lensa yang terpolarisasi. Kacamata ini dapat digunakan untuk menghindari paparan sinar UV untuk masuk langsung ke mata.

6.Hindari Melihat Layar Komputer Terlalu Lama

Pastikan ketika sedang memakai komputer, pastikan untuk tidak terlalu lama memandang layar komputer. Karena kegiatan ini bisa membuat mata merasa lelah dan akhirnya membuat mata rusak secara perlahan.

7.Kenakan Kacamata di saat yang tepat

Saat sedang berada di tempat berbahaya, seperti sedang di sekitar bahan berbahaya atau tempat dengan partikular  udara yang bisa membahayakan, sebaiknya gunakan kacamata khusus agar bisa membantu dalam melindungi mata.

8.Jangan Baca di Cahaya yang Redup

Untuk bisa menjaga kesehatan mata, coba hindari membaca di tempat yang memiliki minim cahaya. Karena ini bisa membuat mata menjadi tegang dan lelah. Jika sudah merasakan lelah pada mata, sebaiknya hentikan aktivitas dan beristirahat beberapa saat.

9.Jangan Melihat Cahaya Terang Secara Langsung

Mata dapat rusak karena menerima terlalu banyak cahaya, sehingga jangan sampai melihat ke arah cahaya terang secara lengsung seperti ke matahari atau lampu.

10.Melatih Mata Agar Lebih Santai

Coba beberapa kali latih mata untuk melihat objek yang dekat dan setelahnya lihat objek yang jauh. Lakukan proses ini beberapa kali untuk membantu membuat otot mata menjadi lebih santai. Coba duduk dengan penempatkan siku pada pinggul, tutup mata dengan telapa tangan. Setelahnya jauhkan telapa tangan yang menutup mata selama 10 detik. Lalu buka kembali mata dan lakukan pengulangan seperlunya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Rawatlah mata dengan baik, jangan sampai menyesal pada kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *