Cara Menjaga Kesehatan Saat Pandemic Covid-19

Virus Corona hingga kini masih terus menyebar dan membuat banyak orang mulai ragu untuk melakukan kegiatan di luar rumah meski pemerintah sudah menerapkan New Normal. Tapi bagaimana pun juga, kita sebagai manusia tidak mungkin untuk selalu berada di rumah. Ada kalanya kita harus keluar rumah, entah itu untuk keperluan pekerjaan atau untuk mencari makan.

Cara penyebaran dari virus Covid-19 ini bisa terjadi melalui benda – benda yang tercemar dengan virus, bisa karena percikan atau sentuhan langsung dari orang yang terkena virus tersebut. Bahkan virus ini bisa tertinggal dipermukaan benda – benda dan dapat bertahan selama beberapa jam hingga beberapa hari.

Menurut penelitian, sekiranya jika diudara virus corona bisa bertahan selama 3 jam, kalau di tembaga dan aluminium bisa bertahan 3 – 4 jam, sarung tangan medis 8 jam, kertas karton/ kardus 24 jam, besi-baja-plastik 2 -3 hari, kayu-kaca 4 hari, dan kertas 4-5 hari.

Meski virus ini memiliki daya tahan yang berhari – hari, virus ini juga dapat dimatikan. Yaitu dengan cara menyemprotkan desinfektan pada permukaan barang-benda yang memiliki potensi untuk tertempel virus. Bersihkan juga permukaan benda dengan menggunakan sabun, termasuk alat mandi dan juga cuci tangan.

Berikut ini ada beberapa tips menjaga tubuh saat virus corona ini.

Tips Jaga Tubuh Saat Virus Corona

1.Cuci Tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa menghindari tubuh dari virus. Pertama, awali dengan membasahi dua telapak tangan dengan menggunakan air mengalir, lalu berikan sabun pada telapak tangan yang basah.

Setelah itu gosok semua permukaan kulit, temasuk sela – sela jari, punggung tangan, dan juga jari – jari. Lakukan minimal selama 20 detik. Setelah itu bilas sampai bersih dengan menggunakan air yang mengalir dan keringkan menggunakan kain atau tisu.

Kamu harus sering melakukan cuci tangan, baik setelah keluar rumah, hendak makan, setelah bersin, dan juga saat sedang berada di tempat umum.

2.Siapkan HandSanitizer saat di Luar Rumah

Saat sedang berada di luar rumah kita tidak selalu bisa melakukan cuci tangan, tapi kamu bisa menggantikannya dengan menggunakan Handsanitizer yang terdapat kandungan alkohol mulai dari 30%. Tapi WHO merekomendasikan untuk menggunakan handsanitizer yang setidaknya terdapat kandungan alkohol 60% karena dapat lebih membunuh virus.

Covid memiliki ukuran virus yang besar, jadi kandungan alkohol yang tidak mencapai 60% tidak dapat membunuh virus tersebut dengan baik. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa handsanitizer saat keluar rumah, ya.

3.Jangan Sentuh Wajah

Mungkin hal ini sepele, tapi sebenarnya ini cukup sulit untuk dilakukan. Bahkan ada penelitian yang mengatakan setidaknya manusia menyentuh wajahnya 23 kali dalam 1 jam. Virus corona dapat memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan juga mata. Jadi cara menghindari virus ini adalah dengan tidak menyentuh wajah karena dikhawatirkan ada virus ditangan kamu.

4.Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mungkin kamu sering untuk mengkonsumsi suplemen peningkat daya tahan tubuh. Namun para ahli sepakat kalau lebih baik memperoleh nutrisi baik itu langsung dari sumbernya, yaitu makanan sehat. Vitamin C memiliki peran sebagai peningkat daya tahan tubuh dan bisa membuat produksi sel darah putih yang dapat melawan infeksi.

Konsumsi sayur – sayuran seperti brokoli, paprika, bayam, untuk bisa mendapatkan asupan yang cukup. Selain itu konsumsi juga buah – buahan dan juga minuman berbahan rempah – rempah seperti jahe merah.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan kepada kamu. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan lakukan social distancing, ya!

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*