Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami

Apakah kamu sering mengalami ngilu pada area ulu hati atau bahkan merasakan sensasi panas di area dada sampai ke tenggorokan? Itu bisa saja kamu sedang mengalami gangguan pencernaan satu ini.

Asam Lambung adalah hasil dari gaya hidup yang tidak sehat yang kita lakukan. Penyakit ini memiliki difat yang kronis dan biasanya bisa terjadi 2 kali setiap minggu secara tiba – tiba.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi asam lambung dengan cara yang alami.

Atasi Asam Lambung Cara Alami

1.Perhatikan Porsi Makan

Kalau kamu lapar, coba untuk makan secara sering namun porsinya sedikit. Karena jika makan dengan porsi yang banyak dapat memicu refluks.

2.Hindari Camilan Antara Waktu Makan

Sulit memang untuk menghindari kebiasaan nyemil, namun tahukah kamu jika mengemil di antara waktu makan dapat membuat lambung kesulitan mencerna makanan karena kita makna terlalu banyak?

Nanti akibatnya waktu yang diperlukan lambung untuk mencerna makanan menjadi lebih lama.

3.Hindari Minum Air Banyak Ketika Makan

Saat memiliki asam lambung, meminum banyak air saat sedang makan dapat membuat asam lambung menjadi lebih cair. Itu akan membuat makanan menjadi lebih sulit untuk bisa dicerna oleh lambung.

4. Kunyah dengan benar

Mengunyah makanan hingga halus merupakan hal yang wajib untuk dilakukan agar kita bisa terhindar dari asam lambung. Ini akan membantu enzim mengolah dan juga mencerna makanan dengan lebih mudah.

5. Makan Teratur

Kini orang – orang kurang menjaga waktu makan karena kesibukan yang mereka miliki. Padahal ini sangat tidak baik untuk kesehatan diri.

Usahakan untuk buat jadwal makan yang teratur pada setiap harinya. Selain itu disarankan untuk tidak makan 2 jam sebelum tidur, ini bisa membuat asam lambung naik ke tenggorokan saat kita sedang tidur.

6. Tidur dengan posisi kepala dan Dada yang Lebih Tinggi

Atasi asam lambung dengan cara yang sederhana. Cobalah untuk naikkan posisi tubuh yang berada pada bagian atas menjadi lebih tinggi dari pada tubuh bagian bawah. Yang penting untuk dinaikkan adalah dari bagian pinggan hingga kepala.

7. Kunyah Permen Karet

Percaya tidak percaya, mengunyah permen karet selama 30 menit bisa mengatasi asam lambung atau setidaknya mengurangi keluhan.

Ini akan merangsang pelepasan air liur dan asam yang terakumulasi pada perut akan tercuci dan bersih dengan cepat. Asam akan menjadi cepat hilang dan gejala dar GERD akan berkurang.

8.Minum Campuran Baking Soda dan Air

Baking Soda dapat dimanfaatkan untuk mengatasi nyeri dada karena asam lambung. Ini disebabkan sifat basa yang bisa menetralkan asam.

Namun jangan sering mengkonsumsi minuman ini saat asam lambung naik terlalu sering, karena kandungan garan yang ada dapat memuat mual dan muntah.

9. Memium ½ gelas Lidah Buaya

Lidah buaya dapat meredakan inflamasi pada kerongkongan dan lambung. Setidaknya minum ½ jus lidah buaya sebelum makan untuk yang sering mengalami refluks asam lambung.

10.Konsumsi Jahe

Cara terakhir yang kami sarankan adalah dengan meminum jahe. Namun dalam mengkonsumsi jahe, lakukan dengan takaran yang pas,

Jangan konsumsi lebih dari 2-4 gram sehari, karena jika berlebihan malah akan membuat nyeri dada karena asam lambung menjadi lebih parah.

Gunakan pada bumbu masakan pada makanan yang memiliki resiko meningkatkan asam lambung.

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi asam lambung secara alami. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *