Cara Membersihkan Telinga

Bagaimana cara Anda dalam membersihkan telinga? Dengan menggunakan Cotton bud? Tahukah kamu jika membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud malah dapat membuat kotoran semakin terdorong ke dalam telinga. Lalu bagaimana cara membersihkan telinga dengan cara yang tepat?

Kotoran telinga merupakan gumpalan lunak hasil dari produksi alami untuk bisa melindungi telinga dari debu dan kotoran. Kotoran ini juga berguna untuk menghambat pertumbuhan kotoran yang ada di telinga. Tapi masalahnya jika kotoran ini terlalu banyak dan menumpuk di telinga, hal itu akan menyumbat telinga dan menyebabkan nyeri sampai ke penggangguan pendengaran.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dianjurkan untuk Anda yang bingung bagaimana membersihkan telinga dengan benar. Jangan sampai nanti Anda menyesal karena melakukannya dengan cara yang salah, karena telinga merupakan salah satu bagian sensitif yang harus kita jaga dengan baik kesehatan dan juga kebersihannya. Simak rangkuman berikut ini

Membersihkan telinga yang benar

1.Hindari dengan Ear Candle

Ear Candle atau lilin telinga tidak terbukti merupakan cara yang efektif untuk membersihkan telinga. Cara ini justru beresiko menyebabkan cedera pada telinga. Seperti telinga yang terbakar, bahkan sampai menyumbat saluran telinga.

2.Gunakan Obat Tetes

Anda dapat menggunakan obat tetes telinga yang dengan bebas di jual di apotek atau toko obat. Obat ini bisa membuat gumpalan kotoran tersebut menjadi lunak dan mudah untuk dikeluarkan. Dapat juga menggunakan obat yang mengandung hidrogen peroksida, minyak bayi, atau gliserin.

Setelah menggunakan pelunak kotoran telinga, miringkan kepala lalu teteskan air hangat ke dalam saluran telinga yang bermasalah. Lalu miringkan kepala ke sisi lain untuk dapat mengeluarkan saluran telinga. Setelah itu dengan perlahan lap dengan menggunakan handuk.

Tapi jika Anda pernah melakukan operasi telinga, metode ini tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kotoran semakin masuk ke dalam telinga.

3.Periksa ke Dokter

Jika memang merasa terganggu seperti sampai merasa gatal, nyeri telinga yang tidak kunjung sembuh, gangguan pendengaran, telinga berdenging, bahkan sampai dengan infeksi saluran teinga luar atau otitis eksterna, karena keadaan kotoran telinga Anda, pergilah ke dokter THT. Dokter memiliki alat khusus yang bisa mengeluarkan kotoran telinga atau menggunakan alat sedot. Mungkin mereka juga akan menyarankan menggunakan untuk melakukan pengairan air dengan tekanan agar dapat mengeluarkan kotoran yang ada di dalam telinga.

Ingat, jika terjadi penumpukan pada bagian telinga secara terus menerus dan berulang, dokter dapat memberikna rekomendasi untuk bagaiana cara membersihkan telinga Anda. Mereka juga dapat merekomendasikannya dengan menggunakan obat – obatan. Obat – obatan yang dimaksudkan adalah perosida karbamida yang peakaiannya harus sesuai dengan anjuran dokter, karena obat ini dapat menyebabkan iritasi pada gendang telinga, juga kulit di bagian saluran telinga.

Pastikan Anda mengkonsultasikan ke dokter spesialis THT, apalagi jika kotoran yang menumpuk sudah menyebabkan nyeri pada bagian telinga Anda. Gangguan lain seperti nyeri di bagian telinga, gangguang pendengaran, pusing, gatal – gatal di bagian telinga yang cukup parah, sampai mengeluarkan cairan atau bahkan darah dari telinga, dan juga keluar bau tidak sedap, harus segera di konsultasikan ke dokter.

Telinga merupakan bagian penting dari anggota tubuh kita, itu sebabnya baik untuk merawat bagian ini. Jangan terlalu sering membersihkan telinga, karena pada dasarnya kotoran pada telinga dapat dengan sendirinya keluar. Lakukan sekali – kali saja saat memang sangat dibutuhkan.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*