Cara Jaga Kesehatan tulang Secara Alami

Tulang merupakan salah satu bagian tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya, apalagi jika kita sudah pada usia 30 tahun ke atas. Karena pada usia tersebut, massa tulang semakin lama akan semakin menipis dan mengakibatkan risiko osteoporosis sampai ke tulang yang mudah untuk patah.

Jika selama ini Anda masih belum mulai merawat kesehatan tulang, itu bukan berati Anda terlambat untuk memulainya. Karena terdapat banyak cara untuk bisa membantu membangun tulang sehat, kuat, dan padat. Silahkan coba simak beberapa cara perawatan tulang secara alami berikut ini.

Cara Alami Jaga Kesehatan Tulang

1.Makan Sayuran

Untuk menjaga kepadatan mineral tulang, sayuran sangat berperan penting dalam hal itu. Asupan sayuran hijau dan sayuran kuning akan bisa membantu kita dalam meningkatkan mineralisasi tulang anak, dan bisa juga memelihara massa tulang orang dewasa.

Bukan hanya itu saja, sayuran yang mengandung vitamin C bisa membantu merangsang produksi sel-sel dalam memberntuk tulang. Antioksidan yang ada di vitamin C juga bisa melindungi sel-sel dari kerusakan di tulang. Sayur seperti brokoli, kubis, dan lainnya dapat membantu mencegah kerusakan tulang bahkan pada wanita usia 50 tahun ke atas.

2. Latihan Beban & Kekuatan

Cara lain untuk menjaga kesehatan tulang adalah dengan melakukan olahraga latihan beban. Ini karena olahraga jenis ini dapat mendorong pembentukan tulang baru yang bisa mencegah pengeroposan tulang.

Ada sebuah studi yang mengatakan kalau orang yang memasuki usia tua, melakukan latihan beban bisa membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang serta mengurangi peradangan tulang. Latihan ini juga bisa membantu kita dalam melindungi tulang saat memasuki masa pengeroposan. Ini juga bisa berguna untuk membantu pendeta osteoporosis, osteopenia, dan juga kanker payudara.

3. Jaga Kebutuhan Protein

Tulang 50%-nya terbuat dari protein, jadi jika ingin menjaga kesehatan tulang pastikan asupan protein harian terjaga dengan baik. Asupan protein yang rendah bisa membuat penyerapan kalsium pada tulang berkurang. Ini akan mengakibatkan proses pembentukan tulang menjadi terhambat dan mengakibatkan tulang lebih mudah rapuh.

Sebabnya, terus pastikan penuhi kebutuhan protein harian dengan cara makan makanan yang merupakan sumber protein, seperti misalnya ikan, daging, telur, keju, susu, dan masih banyak lainnya. Melakukan diet tinggi kalori dan protein juga bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan serta mempertahankan massa tulang.

4. Konsumsi Makanan & Minuman Tinggi Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang penting dan banyak ditemukan pada tulang. Ini karena kalsium berfungsi sebagai pengganti sel-sel tulang tua dan rusak, lalu menggantinya dengan yang baru. Jumlah kebutuhan kalsium untuk orang dewasa, sekiranya membutuhkan 1000-1100 miligram perharinya.

Jadi, jika ingin menjaga kesehatan tulang, coba mengkonsumsi sumber kalsium, seperti susu, keju, telur, brokoli, bayam, dan masih banyak lainnya.

5.Penuhi Asupan Vitamin D dan K

Dua vitamin kunci yang penting untuk tulang adalah vitamin D dan K. Keduanya akan membantu membentuk tulang yang kuat. Vitamin D, bermanfaat untuk bisa menyerap kalsium, sedangkan untuk Vitamin K, perannya adalah mengaktifkan protein yang dibutuhkan pada pertumbuhan dan perkembangan tulang.

6. Jaga Berat Badan

Selain makanan dan olahraga, jangan lupa untuk jaga berat badan Anda. Karena jika memiliki berat badan yang kurang, bisa berisiko osteopenia dan osteoporosis. Faktor utama turunnya kepadatan tulang dan pengeroposan salah satunya adalah berat badan yang rendah.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan tulang. Semoga tips ini bisa berguna bagi Anda dalam menjaga kesehatan tulang kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *