Cara Jaga Kekuatan Otot

Aktivitas sehari-hari yang berat terkadang membuat kita sangat memaksa otot dalam melakukan berbagai aktivitas yang bahkan terkadang diluar kemampuan otot. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kinerja otot, jangan tunggu sampai otot kamu bermasalah baru mencoba menjaganya.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran otot. Ingat, ya jangan tunggu sampai otot kamu bermasalah!

Tips Jaga Kesehatan Otot

1.Rutin Lakukan Angkat Beban

Secara alami, ketika manusia sudah menginjak usia 40 tahun maka mereka akan meulai kehilangan massa otot. Kenapa hal ini bisa terjadi? Tentunya itu pada masa tersebut massa otot menghilang karena manusia mulai mengurangi aktivitas fisiknya dan juga kadar hormor testoteron mulai menurun karena pertambahan usia yang terjadi.

Untuk itu, agar bisa menjaga otot dalam kondisi terbaiknya, tetaplah hidup aktif agar tidak terjadi penurunan masa otot ketika kamu mulai memasuki usia lanjut. Salah satu olah raga yang bisa dicoba adalah angkat beban, karena ini bisa melatih segala kelompok otot utama.

2.Tidur Cukup

Banyak orang yang kurang mencukupi kebutuhan tidurnya karena alasan-alasan tertentu. Padahal ini bukan merupakan hal yang baik untuk dilakukan, di mana bisa membuat tubuh sulit melakukan pemulisan.

Ketika manusia tertidur, hormon testosteron, estrogen, sampai ke hormon pertumbuhan manusia lain sedang memperbaiki dirinya. Tentunya ini adalah hal yang penting, sehingga kita harus jaga pola tidur dengan baik.

Jaga juga relaksisasi diri untuk menjaga stamina otot, karena kalau kita stress bisa membuat tubuh lebih mudah untuk meningkatkan hormon stress yang bisa membuat otot menjadi tegang.

3. Kurangi Asupan Alkohol

Banyak orang yang gemar mengkonsumsi alkohol dengan berbagai alasan, ada yang mengaku untuk mengurangi stress, ada juga yang mengatakan kalau hanya suka saja. Padahal mengkonsumsi alkohol bisa meningkatkan kadar estrogen dan testosteron yang bisa membuat tubuh kehilangan massa otot.

Jadi bagi kamu yang ingin memiliki otot sehat meski saat di hari tua, mulai kurang-kurangi pengkonsumsian alkohol demi masa depanmu.

4. Asupan Protein Cukup

Kalau kita perhatikan, banyak binaragawan yang mengkonsumsi telur untuk menjaga kesehatan otot mereka. Ternyata ini memang sangat diperlukan loh, mengingat telur memiliki banyak protein baik yang diperlukan oleh tubuh. Protein memiliki asam amino yang tubuh perlukan ketika akan menyusun otot.

Selain telur, kamu bisa mendapatkan asupan protein dari makanan lainnya, seperti daging ayam, ikan, susu rendah lemak, kacang-kacangan, sayur, biji-bijian, agar protein dalam tubuhnya bisa terjaga.

5. Makan Sedikit Karbohidrat

Terakhir tetapi penting adalah kamu harus mulai mengurangi konsumsi karbohidratmu. Meski karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting yang bisa membantu dalam menyediakan energi untuk otot, tetapi kalau berlebihan itu bukanlah hal yang baik. Malahan kalau terlalu banyak karbohidrat, bisa membuat tubuh menjadi menimbun lemak.

Disarankan hanya mengkonsumsi setidaknya 12-25 gram karbohidrat setiap kali kamu makan atau mengemil sesuatu. Selain itu pilihlah karbohidrat yang rendah lemak, seperti yang terbuat dari gandum.

Itulah beberapa tips untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan otot meski nanti sudah memasuki masa lansia. Lebih baik memang menjaga kesehatan otot mulai dari saat ini, dari pada nantinya menyesal ketika otot mulai kehilangan massanya karena tidak dijaga dengan baik.

Semoga informasi mengenai kesehatan otot ini bisa membantu kamu yang ingin terus tetap sehat ototnya meski sudah memasuki masa tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *