Cara Ampuh Untuk Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin merupakan penyakit yang paling sering menjumpai tubuh kita, apalagi ketika sedang berada pada musim hujan. Namun uniknya kondisi seperti ini hanya bisa kita temukan di Indonesia, penyebab dan gejalanya pun tidak tercatat di dalam dunia medis. Masuk angin sering dikaitkan dengan kondisi tidak enak badan karena angin yang masuk ke dalam tubuh terlalu berlebihan.

Biasanya masuk angin dikaitkan dengan banyak hal, seperti terlalu lama berada pada ruangan ber-AC, terlalu lama beraktivitas di luar ruangan, tubuh yang terkena hawa dingin di malam hari, tubuh yang terkena hujan, dan masih banyak lagi hal yang dikaitkan dengan orang yang masuk angin. Meski demikian, berlum terdapat penelitian yang membuktikan secara medis tentang adanya penyakit ini. Apalagi gejala yang ditimbulkan mirip dengan penyakit flu.

Bagaimana cara mengatasi masuk angin?

Di Indonesia, biasa orang mengatasi masuk angin dengan menggunakan kerokan. Hal ini menjadi cara yang dirasa ampuh untuk dilakukan mengatasi masuk angin. Meski demikian, cara ini dianggap kurang tepat, karena hanya akan membuka pori pori kulit dan angin akan semakin mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Apalagi jika gejala yang dirasakan adalah mual dan kembung, jelas kerokan bukan merupakan solusi dari masalah ini.

Jika kamu mulai merasakan gejala masuk angin, segera lakukan beberapa tips berikut ini.

Tips Saat Masuk Angin

1.Banyak Minum Air Putih

Pertama, pastikan kamu meminum banyak air putih. Dimaksudkan agar kamu mendapatkan asupan cairan yang cukup, karena air akan membantu kamu dalam mengatur suhu tubuh dan meringankan demam. Selain itu meminum banyak air putih dapat membuat perut menjadi lebih nyaman juga mengurangi rasa mual juga kembung. Saat sedang masuk angin, hindari kafein dan juga minuman bersoda. Dikarenakan perut akan semakin begah.

2.Berinstirahat dengan Cukup

Tubuh bisa kehilangan tenaga jika kamu kurang beristirahat dan menyebabkan lesu, lemas, juga pusing. Kamu harus mengistirahatkan tubuh agar energi dan juga stamina bisa kembali sertelah beraktivitas. Setelah selesai beristirahat, tubuh kamu akan kembali segar dan juga bertenaga. Jadi hindari bergadang agar tidak masuk angin.

3.Kenakan Jaket Saat Berpergian

Udara pada malam hari tidaklah baik untuk tubuh, hal ini dikarenakan udara malam bisa memicu paru – paru basah karena angin dingin yang sering menerpa dada. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan berbagai jenis penyakit lainnya karena angin dingin ini. Jadi pastikan gunakan jaket dalam keadaan tertutup di bagian depan, jadi bisa menghalau angin untuk masuk ke bagian depan tubuh.

4.Sering Berolahraga dan Juga Konsumsi Makanan yang Bergizi

Olah raga merupakan kegiaytan yang dapat menjaga daya tubuh kamu. Lakukanlah setidaknya 3 kali seminggu atau lebih baik sesering mungkin agar bisa mendapatkan daya tubuh yang baik. Tapi jangan sampai lupa untuk mengimbanginya dengan asupan dari makanan bergizi. Jaga waktu makan, karena perut yang kosong bisa memicu perut kembung karena gas yang terakumulasi di dalam perut.

5.Rutin Minum Vitamin

Konsumsi vitamin C agar dapat membantu menjaga imunitas tubuh kamu. Jika tidak sempat untuk membeli vitamin, kamu bisa menggunakan aplikasi online untuk membelinya. Jadi akan semakin mudah untuk hidup dengan sehat disituasi kamu yang tengah sibuk.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu sedang masuk angin. Tetap jaga kesehatan dimana saja dan kapan saja, ya!

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*