Gejala Terjangkit Virus Corona

Hingga kini virus corona masih terus berkembang, bahkan hingga tulisan ini dibuat, Indonesia telah mencapai kurang lebih 70.000 orang yang terjangkit. Edukasi pada masyarakat terus pemerintah coba lakukan, terutama bagaimana gejala awal untuk mereka yang tertular virus ini. Pemerintah juga terus melakukan cara agar rantai penyebaran virus corona bisa berhenti/

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, tanda – tanda untuk mereka yang terinveksi virus corona diawali dengan batuk, dan sesak nafas . Sampai pada kasus yang terparah adalah infeksi dan dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan beujung dengan kematian.

Virus corona juga sekaan terus berevolusi, kini ada gejala baru berupa gatal – gatal pada kulit yang menyakitkan. Ini mirip dengan yang terjadi pada radang dingin dan terlihat pada beberapa pasien yang positif terkena corona.

Selain itu, CDC atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat mendaftarkan bibir atau wajah kebiruan sebagai gejala bagi mereka yang terpapar virus ini.

Sebagian besar dari penderita covid-19 ini tergolong ringan. Namun sekitar 20% penderitanya memiliki bawaan penyakit dan menyebabkan kondisi mereka menjadi sangat kritis. Ssebuah study ada yang mengatakan bahwa sekitar 140 pasien yang terdapat di rumah sakit Zhongnam mengidentifikasi pola khas yang menunjukkan penyakit Covid-19.

Ada 99% pasien yang mengalami demam tinggi, setengahnya mengalami batuk kering. Lalu 1/3-nya mengalami nyeri otot dan juga kesulitan untuk bisa bernapas.

Lalu ada penelituan lain yang mengatakan kalau 80% kasus virus baru ringan, 15% menderita kasus parah, dan 5%nya menjadi sakit yang kritis.

Nah, bagaimana gejala virus ini berkembang dari hari ke hari? Berikut penjelasannya.

Perkembangan Gelaja Virus Selama 17 Hari

1.Hari ke Satu

Pada hari pertama, penderita akan mengalami demam dan tubuhnya akan merasakan kelelahan. Nyeri ott dan batuk kering juga kerap kali terjadi . Ada juga yang mengatakan kalau mereka mengalami diare atau mual sebelum mengalami demam.

2.Hari ke Lima

Pada hari ke lima, pasien akan mengalami kesulitan dalam bernafas. Kondisi ini lah yang biasa terjadi pada mereka yang sudah berusia lanjut atau juga memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya.

3.Hari ke Tujuh

Di hari ketujuh, para peneliti Universitas Wuhan mengatakan kalau di hari ke rujuh biasanya para pasien mulai memasuki rumah sakit untuk memperiksakan keadaan mereka.

4.Hari ke Delapan

Hari kedelapan pada pasien yang sudah mengalami kondisi yang parah, terdapat setidaknya 15% pasien mengalami sindrom gangguan pernapasan yang akut. Saat hal ini terjadi, cairan sudah memenuhu paru – paru, sehingga hal ini kerap kali berakibat fatal.

5.Hari ke Sepuluh

Saat gejala sudah mulai memburuk, pasien akan dibawa ke ICU atau Intensive Care Unit. Biasanya mereka akan mengalami gangguan di bagian perut dan mulai kehilangan nafsu makan. Dalam rentang waktu itu, sebagian kecil pasien meninggal. Sekitar 2% kemungkinan pasien meninggal di tahap ini.

6.Hari Ke Tujuh Belas

Ketika sudah menjalami perawatan kurang lebih 2.5 minggu lamanya, pasien yang kondisinya semakin membaik biasanya akan sembuh dan sudah boleh keluar dari rumah sakit. Meski demikian, tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah setidaknya 2 minggu/ 14 hari.

Semoga informasi mengenai gejala virus corona ini bisa bermanfaat untuk banyak orang. Jadi semakin banyak yang memahami betapa pentingnya mengetahui gejala awal covid. Terima kasih!

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*